#7TahunGempaJogja

5:06 AM

"27 Mei 2006 - 27 Mei 2013"

Udah tepat 7 tahun semenjak gempa Jogja sebesar 5,6 SR. Mungkin kalo diliat angka sebesar itu sebenernya ga mungkin bisa 'ngerusak' Jogja sebegitu parahnya. Tapi... ya begitulah, semua udah terjadi. Masih teringat jelas di pikiran aku, gimana kejadian itu dari awal sampai akhir. Sebenernya, ga ada sesuatu yg berarti terjadi sama aku atau keluargaku sih. Tapi ya, traumanya masih ada sedikit. Kalo masalah gempa itu, aku santai aja sih sebenernya. Malahan waktu kejadian gempa aku masih tidur pulasss, trus dibangunin, dan lari keluar kamar itu masih sadar ga sadar dituntun sama papa. Setelah bener-bener sadar, gempa juga udah berhenti. Awalnya waktu gempa itu aku ga panik sama sekali. Semua keluargaku di rumah juga puji Tuhan selamat. :") cuma tembok kost-kostan di rumah aku roboh, dan beberapa perabotan rumah rusak. Itu aja sih. Kalo cerita dari mama aku, beberapa menit sebelum gempa, mama aku lagi mandi. Tapi pas mandi, dia sadar kalo ada suara gemuruh dari dalam tanah. Tanpa pikir panjang, dia langsung pake baju, dan keluar kamar mandi. Dari kamar mandi ke halaman itu, pas gempa. Dia cerita kalo emang bener-bener kaya diombang-ambingin kesana-kemari. Kalo masku, dia di kamar. Dia ga sempet keluar dari kamar, so dia berlindung di bawah meja di kamarnya. << solusi yang baik kalo lagi gempa.
Nah, beberapa jam setelah gempa.. aku dan papa mengecek ke sekolah, waktu itu aku masih SD. Setelah memastikan kalo sekolah libur *dan ternyata sekolah rusak parah, kita memutuskan untuk putar-putar Jogja ngeliat keadaan. Eh setelah sampai Gramedia Pusat di Jl. Sudirman, orang-orang banyak yang ke arah utara dan pada teriak kalo ada tsunami. Langsung paniklah aku! Sewaktu denger kalo mau ada tsunami itu, tingkat kepanikanku langsung naik 1000x lipat haha bukannya lebay sih, tapi kalo denger tsunami aku langsung inget sama kejadian tsunami yang dialami sama Aceh tahun 2004 *bener ga? Aku masih inget banget, waktu itu aku lagi beli nasi padang, dan TVnya nayangin tentang berita tsunami Aceh. Disitu diliatin gimana tsunaminya kan... nah jadi aku tau sebagaimana menyeramkannya tsunami itu. Setelah denger kabar itu, aku dan papa pulang. Ternyata setelah sampe rumah, mama dan masku juga udah siap-siap buat ngungsi di daerah utara. Mama udah bawa berkas-berkas penting, eyang putri udah berangkat sama tetangga, tapi eyang kakungku ga mau ninggal rumah.. so dia di rumah dengan udah nyiapin tangga di depan rumah. Langsunglah aku, papa, dan mama cenglu naik motor, dan masku sama tetanggaku. Demi apa, waktu itu aku panik banget. Dalam hati udah banyak berdoa, minta keselamatan, badan udah dingin banget. Mana katanya air udah sampe pojok beteng.. lalu berangkatlah kita. Selama di jalan, aku cuma ngeliatin langit. Waktu itu aku mikirnya sih, "airnya keliatan ga ya nanti?" lol ga sih. Haha -_- setelah perjalanan agak jauh, hmmm sekitar sampai palagan, bon motorku bocor. Dengan sangat terpaksa kita berhenti. Jalanan waktu itu macet dan rame banget. Mungkin udah hampir semua warga Jogja naik ke daerah Kaliurang waktu itu. Tapi parahnya lagi, masih ada gosip kalo gunung Merapi juga mau meletus atau gimana gitu. Gila ga itu, di selatan tsunami, di utara gunung meletus.......
Sambil nunggu ban motor beres, kita minum-minum sok nyantai tapi sebenernya hati resah banget. Sampai akhirnya ada polisi lewat dan ngumumin kalo semua aman-aman aja, ga ada tsunami. Hmmm papa mama pun akhirnya mutusin buat balik ke rumah lagi, tapi aku ga mau. Tapi ya akhirnya pulang, ganti mobil, dan balik ke daerah Pakem karna disana ada rumah temen mama papa. Dan akhirnya sampe sore agak malem *aku lupa ngungsi disana. Setelah perasaan sedikit tenang, kita balik ke Jogja. Dan malem itu kita mutusin buat tidur diluar karna takut ada gempa susulan. Kita gelar tiker di depan rumah, sampai akhirnya hujan, dan tidur di ruang tamu. Perasaanku waktu tidur itu ga tenang banget. Beberapa kali ada gempa susulan kecil waktu malem itu, so tidur jadi ga tenang.

Nah itulah ceritaku sewaktu gempa 27 Mei 7 tahun yang lalu. Sekolah aku rusak parah, sampai akhirnya belajar di tenda. Sampai waktu ujian kenaikan kelas pun juga diadain di tenda. Beberapa kali ada gempa susulan sampai mungkin berbulan-bulan waktu, duh lupa.. dan sampai sekarang, kalo ada suara gemuruh dikit aja pasti aku langsung degdeg-an. HFFFFT... 
Dan masalah tsunami, setelah kejadian itu aku langsung baca artikel tentang gimana kejadian tsunami. Dan ternyata impossible banget tsunami terjadi setelah beberapa jam gempa. Ya namanya juga ga tau apa-apa, masih SD, dan udah panik banget....

Jogja bagian selatan yang deket pantai waktu itu parah banget keadaannya, banyak rumah roboh, dan banyak korban yang meninggal. Ya namanya juga bencana alam, kita ga bisa nolak.. semua udah ada yang ngatur. Dengan bagaimanapun harus diterima dengan ikhlas, tinggal dari kitanya aja gimana.
Semoga korban-korban yang meninggal udah diberi tempat yang nyaman disana, dan keluarga yang ditinggalkan tetap tabah ya. :""")

So, ini cerita 27 Mei-ku 7 tahun yang lalu. Kalo kamu?

You Might Also Like

0 comments

Subscribe