:):):):)

4:56 AM

Ya Tuhan, sebelumnya aku mau minta maaf harus nulis kaya gini tapi kalo emang tulisanku ini salah. Aku nulis ini karna udh ga tahan. Mungkin emosiku saat ini udh sampe ubun-ubun. Mungkin salah juga kalo aku harus emosi kaya gini, tapi namanya juga manusia. Daripada marah-marah ga jelas, mending ditumpahin di blog.

Indonesia. Negara Bhinneka Tunggal Ika. Tapi, kenyataannya cuma perkataan doang. Ga ada tindakan nyatanya. Toh agamanya aja masih dibeda-bedakan gini. Masih banyak bgt masalah yang muncul cuma gara-gara agama. Ckck. Heran juga. Aku pribadi, udh selalu berusaha bertoleransi ke agama lain. Dengan hal simpel aja. Ngucapin selamat ke mereka pada saat mereka ngerayain hari besar atau hari raya mereka. Jujur, aku malah selalu senang kalo ngucapin selamat hari raya ke mereka. Kaya ada kepuasan tersendiri. Rasanya damai. Lha ini, cuma ngucapin selamat hari Natal aja dibilang haram. Bukannya aku terlalu pengen diucapin selamat Natal juga, tapi juga toh apa salahnya sih ngucapin. Toleransi itu baik. Indonesia itu sebenernya negara yang sangat indah, tp emang orang di dalamnya aja ya yg bikin ga bisa maju. Bilangnya harus bertoleransi antar umat beragama. Tapi, kita udh berusaha baik sananya kaya gitu. Ini opini aja ya dari aku pribadi. Aku sebagai orang Kristiani, udh selalu sabar dijelek-jelekin. Emang sih kita minoritas, tp ga gitu juga. Aku sedih banget kalo ngucapin selamat hari Natal aja dibilang haram. Toh kalian cuma ngucapin, ga ikut beribadah. Duh. Be wise dong. Aku udh dua kali sih ngalamin hal ini secara langsung. Yg pertama, waktu Paskah. Ceritanya waktu itu aku lagi kumpul sama temen-temen aku, mayoritas kita Kristiani dan ada salah satu yg beragama Islam. Otomatis waktu itu kita saling ngucapin selamat Paskah dong ya, eh temenku yg satu itu cuma "Oh iya.. selamat. Selamat." Awalnya ga sadar sih. Tapi semakin kesini, semakin tau banyak masalah, oh ternyata gitu. Barusan juga ngalamin hal yg sama. Tapi, kali ini Natal. Tapi, ternyata masih ada yg mau bertoleransi kok. Guruku yg non pun ngucapin. Thanks to him. Nah, kenapa sih? Aku tuh cuma bertanya-tanya, kenapa dibilang haram? Cuma ngucapin 'Selamat Natal' bukan ngucapin syahadat. Sama aja kan kaya ngucapin Selamat Pagi? Apa bedanya?
HAAAAHHHHHHHHHHHHHHH!!!!!
I have so many words to say tapi aku takut semakin kesini semakin emosi semakin ga karuan ntar salah kata. Pokoknya, kenapa sih ga bertoleransi aja? Damai itu indah. Perbedaan itu seharusnya menyatukan. Tapi, ya itu hak kalian sih. Ga mau maksa. Kalian punya hak :) makasih lho buat kalian yg masih mau bertoleransi. I'm happy :) oh iya satu lagi, kalo aku pribadi selalu merasa lebih bahagia lho kalo dapet ucapan pas hari raya dari agama lain. Serius :) tapi jangan anggap aku ngarep, ga ngucapin juga ga masalah. Tp tolong dong, jangan dibilang haram. Nyakitin dan bikin sedih lho :) makasih ya :)

You Might Also Like

0 comments

Subscribe